Sistem Informasi Terdistribusi
Faktor yang melatarbelakangi munculnya sistem terdistribusi adalah perubahan pada teknologi Informasi seperti :
Ø  komputer terpusat mulai jarang digunakan
Ø  peningkatan penggunaan komputer personal yang
   tinggi
Ø  peningkatan penggunaan LAN dab WAN
Ø  peningkatan penggunaan client / server sistem
Ø  peningkatan penggunaan piranti lunak untuk PC dan
   piranti lunak(software) untuk server
Ø  mulai banyak digunakan multi media sistem
Ø  kebutuhan interaktif pada User Interface
Ø  harga komponen komputer menjadi murah
Ø  pemanfaatan internet dan web teknologi yang
   semakin meluas
Ø  Adanya perubahan lingkungan bisnis (lokal, regional
   dan global)
Ø  semakin rumitnya pola-pola bisnis karena globalisasi
   tersebut
Ø  adanya standardisasi dan penetapan struktur dari
   proses dan pekerjaan
Ø  keputusan membutuhkan cepat sehingga harus
   sederhana dalam prosesnya.
Karakteristik organisasi terpusat (sentral organisasi)
Ø  strukturnya rigid
Ø  strukturnya memperlihatkan fungsi
Ø  hirarki yang berjenjang
Ø  manajemen berlapis-lapis
Ø  kewenangan terpusat
Ø  kontrol dari atas ke bawah (top down)
Karakteristik organisasi terdistribusi (otonomi)
Ø  strukturnya datar
Ø  struktur tidak terlalu formal
Ø  otonomi dan terbuka (akuntabilitas)
Ø  orientasi pasar dan pelanggan
Ø  lebih responsif terhadap perubahan lingkungan usaha

Keuntungan sistem terdistribusi
1.       FLEKSIBILITAS MENINGKAT
  • sumber daya dialokasikan sesuai tempatnya
  • sumber daya dapat direlokasi dengan cepat
  • komputer dapat ditambah dikurangi tanpa
  • mengganggu sistem keseluruhan dan sesuai keinginan
2.        MEMILIKI DOMAIN SENDIRI
·         mudah kontrol, kepemilikan jelas, budget terukur, perioritas mudah dilakukan, pengembangan dan pengelolaan mudah
·         keputusan lokal menyangkut sumber daya yang ada
·         kinerja dapat diukur tanpa terpengaruh lainnya
domain-name



domain

3.  KEHANDALAN DAN KETERSEDIAAN MENINGKAT
q  Kegagalan sistem setempat tidak seluruhnya, perbaikan setempat juga
q  Replikasi mudah untuk mengantisipasi kegagalan komponen
4.   PERFORMANSI MENINGKAT
5.       Terhindar adanya proses leher botol
6.       Transaksi data dan proses transaksi akan meningkat
Pelayanan mudah karena adanya partisipasi

5.  MASALAH ISOLASI DAN KEAMANAN
q  Domain membuat kemudahan pengelolaan sendiri namun,
q  Problem kemanan lokal dapat diisolasikan dari sistem besar
q  Kegagalan tidak berdampak fatal terhadap seluruh sistem


Kerugian sistem terdistribusi
q  Pengelolaan jadi lebih rumit (karena banyak)
q  Ketersediaan dan kehandalan dapat berkurang
q  Dukungan keahlian dan staf pengembang berkurang
Komponen sistem terdistribusi
q  Sistem informasi melakukan kegiatan perolehan, penyimpanan, pemprosesan dan komunikasi data
q  Teknologi informasi memberikan dukungan komputerisasi dan komunikasi terhadap sistem informasi
q  Memiliki 3 komponen sistem yaitu :
Ø  infrastruktur terdistribusi
Ø  data terdistribusi
presentasi terdistribusi

Infrastruktur terdistribusi maksudnya adalah distribusi sistem secara pisik seperti adanya alat pemrosesan (PC) termasuk didalamnya adanya : penyimpanan data yang dapat online – offline, komunikasi dan jarinagan, sistem operasi jaringan, DBMS untuk objek dan hubungan objek, servis dan utilitas, model interaksi (master sleve, client server)

Data terdistribusi maksudnya adalah struktur data yang dibutuhkan untuk penyimpanan data, bentuk model data organisasi, kebutuhan data pada setiap level manajemen.

Data dapat mewakili suatu objek, yang perlu diperhatikan adalah bahwa data membutuhkan proses demikian juga sebaliknya. Suatu objek dapat saja berupa suatu relasi dari DBMS, atau audio file atau lainnya.  
Diperlukan model basis data untuk menentukan bagaimana menyimpan pisik data pada data storage untuk keperluan pengambilan dan penyimpanan data. Data model logik, Entitas / objek, Atribut dan hubungan antara entitas (entity relationship), serta sisi pandang user terhadap kebutuhan untuk simulasi, memanipulasi data.

Seluruh fungsi pada sistem informasi terdistribusi harus mampu untuk menyediakan pelayanan pada sistem terdistribusi namun yang perlu diingat bahwa sistem terdistribusi adalah bagian integral dari teknologi informasi.

Pelayanan sistem terdistribusi tersebut dapat diwujudkan dalam hal :
q  presentasi terdistribusi
q  proses terdistribusi
q  akses data jarak jauh
q  akses file jarak jauh
q  pengelolaan data terdistribusi
q  pengelolaan objek terdistribusi
Global





Pelayanan Presentasi Terdistribusi

Pelayanan Proses Terdistribusi

Pelayanan Proses Terdistribusi

Sistem Proses Terdistribusi
Pelayanan Pendukung Terdistribusi
Berbagai fungsi pada Sistem Informasi Terdistribusi dapat dikatakan sebagai
Pelayanan terdistribusi yang menjadi bagian integral dari infrastruktur Teknologi Informasi :
q   Presentasi Terdistribusi
q   Proses terdistribusi
q   Akses Data Remote
q   Akses File Remote
q   Manajemen Data Terdistribusi
q   Manajemen Objek Terdistribusi
Pelayanan Presentasi Terdistribusi
Presentasi Terdistribusi menyebabkan komponen presentasi dari aplikasi :
q   Seluruhnya ditempatkan pada client misalnya pada Microsoft Windows
q   Terpisah antara client dan server dimana dibutuhkan protokol presentasi
     yang memungkinkan komunikasi antara client dan server seperti pada 
     X-Windows
Pelayanan Proses Terdistribusi
q  Objek diproses yang bekerja didistribusikan baik ke client dan elemen  server
q   Pada sisi client agent user meghubungkan interaksi client / server yang rumit misalnya mengidentifikasikan permintaan objek server dan mengarhkan permintaan
q   Pada sisi server, setrver akan membungkus permintaan clienta yang diterima dan mengirimkan ke objek server yang sesuai
Pelayanan Akses Data Remote
Presentasi dan proses pada sisi client
Komponen data berada pada sisi server dikelola oleh DBMS
Bahasa manipulasi data digunakan untuk mengambil data (SQL) dengan mekanisme :
q   Client memasukan permintaan
q   Server menerima permintaan dan memberikan set hasilnya
Akses data adalah pada level record
Meminimalisasi lalulintas jaringan, hanya data proses di komunikasikan
Pelayanan Akses File Remote
q  Presentasi dan proses pad sisi client
q   Objek data berada di server, server menggunakan beberapa form dari
     file
q   Akses data pada level file
q   Ketika client meminta objek maka : agent user (redirector) menentukan
     lokasi apakah lokal atau remote. Jika lokal permintaan diteruskan ke
     lokal OS namun bila remote, menyiapkan komunikasi dan hal-hal
     yang dibutuhkan sesuai dengan permintaan sever dan server
     membubgkus permintaan tersebut.

Pelayanan Pengelolaan Data Terdistribusi
Pelayanan akses data remote  menyediakan akses ke remote basis data
Ketika banyak server akses data remote muncul, setiapnya mungkin hanya menangani bagian dari seluruh set data
Objek diproses perlu mengetahui lokasi dari semua objek data dan server dimana objek data berada- ini ada;ah masalah
Manajemen data terdistribusi menyembunyikan informasinya dan menyediakan proses yang transparen
Data muncul pada satu basis data terpusat







0 komentar Blogger 0 Facebook

Posting Komentar

 
BELAJAR INFORMATIKA © 2014. All Rights Reserved. Created by Ali Sodikin . Powered by Blogger
Top